Rizky Billar Ngasuh Anak, Apa Susah? Ini Tips Mengasuh Anak Bagi Ayah

Rizky Billar Ngasuh Anak, Apa Susah? Ini Tips Mengasuh Anak Bagi Ayah
Rizky Billar tengah mengasuh Baby L (Foto: Instagram/@lestykejora)

Balitacerdas.com- Pasangan Rizky Billar dan Lesti Kejora telah rujuk kembali setelah menghebohkan tanah air dengan kasus KDRT. Meskipun telah berdamai namun kondisi rumah tangga keduanya tak seperti dulu.

Dikabarkan Rizky Billar dan Lesti Kejora kini kompak berbagi tanggung jawab. Seperti saat di mana sang biduan pergi untuk bekerja, sang suami, Rizky Billar bertugas menjaga anak mereka di rumah.

Perihal cerita tersebut dibeberkan langsung oleh sahabat Lesti Kejora dan Rizky Billar, yakni youtuber dan pengusaha, Putra Siregar.

Mental Rizky Billar Tengah Drop

Rizky Billar Ngasuh Anak, Apa Susah? Ini Tips Mengasuh Anak Bagi Ayah - billar2
Pasangan Rizky Billar dan Lesti Kejora (Foto: Instagram/@lestykejora)

Melansir suara.com (4/11), Putra Siregar membenarkan Rizky Billar saat ini mengasuh Baby L. Hal itu disampaikannya saat menyaksikan  Lesti Kejora tampil mengisi acara di konser Betrand Peto.

“Nggak ada (Rizky Billar), Billar di rumah jagain Baby L,” ungkap Putra Siregar saat ditemui di kawasan Condet, Jakarta Timur pada Jumat (4/11/2022).

Selain menjaga anak mereka, Rizky Billar diceritakan Putra Siregar, bahwa ia belum siap muncul di depan  publik. Sebab aktor 27 tahun itu mengaku mentalnya tengah drop.

Baca Juga: Baby Ameena Diajak ke Kebun Binatang, Atta Halilintar: Manfaatnya Banyak

“Billar belum siap buat keluar. Sangat terganggu psikisnya, sangat sangat, sangat terganggu parah,” kata Putra Siregar.

Sebagai rekan dan sahabat, Putra Siregar ikut pula memberikan semangat kepada Rizky Billar. Pesinetron Jodoh Wasiat Bapak 2 ini mesti bangkit dan segeral kembali beraktivitas.

“Akhirnya aku sampaikan, enggak bisa kan kayak gini terus harus bangkit, dengan apa? Ya dengan seperti dulu lagi, kita nongkrong, main bola lagi,” terang Putra Siregar.

Baca Juga: Baby Ameena Pakai Kaos Motif Macan Seharga Rp 1,4 Juta, Netizen Gigit Jari

Tips Mengasuh Anak untuk Para Ayah

Rizky Billar Ngasuh Anak, Apa Susah? Ini Tips Mengasuh Anak Bagi Ayah - babyl1
Baby L (Foto: Instagram/@lestykejora)

Mengasuh anak tentu bukan perkara muda apalagi bagi para ayah. Namun ayah tak usah bingung karena banyak hal yang bisa ayah lakukan saat mengasuh anak. Berikut ini sejumlah rekomendasi hal-hal yang bisa dilakukan bagi para ayah dalam merawat bayi yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Gendong bayi

Rizky Billar Ngasuh Anak, Apa Susah? Ini Tips Mengasuh Anak Bagi Ayah - billar3
Baby L dan ayah bunda (Foto: Instagram/@lestykejora)

Menggendong dan mendekap bayi jadi jalan awal terbaik dalam membuka bonding dengan bayi. Menggendong, baik dengan atau tanpa bungkusan (bedong), memberikan rasa nyaman bagi bayi.

Bayi sering menghentikan tangisannya dengan hanya digendong. Hal ini bisa sangat meringankan rasa pegal yang umum dirasakan para Moms.

2. Nyanyikan lagu untuknya

Bernyanyi adalah salah satu cara terbaik untuk membuat bayi merespons dan memperhatikan Anda. Dan tidak masalah apa yang Anda nyanyikan atau seberapa baik suara Anda.

Berbeda dengan Moms yang kerap menyanyikan lagu anak-anak atau pengantar tidur, di masa ini Dads bisa menyanyikan lagu-lagu kesukaan Dads, mengenalkan band yang disukai. Cool bukan?

3. Bantu sendawa

Tugas ini sangat mudah tapi sangat berarti bagi Moms dan bayi. Setelah Moms menyusui dalam rentang waktu tertentu, bayi harus bersendawa dengan posisi badan ‘berdiri’ dalam pelukan.

Sementara satu tangan menyangga pantat bayi, satu tangan Dads dapat menepuk halus punggungnya hingga sendawa, dan tercegah dari gumoh.

4. Ajak Bicara

Bicaralah saat Anda menggendong dan mengganti popok. Apa yang dibicarakan? Katakan apa saja soal yang Dads sedang lakukan, menunjukkan benda-benda yang ada di sekitar. Atau sekadar, “Jangan menangis, sabar ya sebentar lagi selesai”.

Setiap kata yang didengar bayi membantu mengembangkan bahasanya dan akan memperkuat hubungan Anda dengannya. Bercerita, membaca buku atau menyanyikan lagu memiliki efek yang sama.

5. Membantu menyusui

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi Anda. Dukungan Anda untuk menyusui bisa sangat penting bagi pasangan. Anda dapat memberikan dukungan berupa, memberi segelas air, bantal, atau apa pun yang ia butuhkan.

Begitu juga untuk bayi yang mengonsumsi susu formula, Dads bisa turut menyiapkan sebotol susu bagi bayi. Yang terpenting dalam kemampuan ayah merawat bayi, ialah Dads membiasakan diri.

Awal mulanya, badan mungkin akan terasa sangat kaku, dan asing dengan pekerjaan merawat bayi. Namun itu normal.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ayah dalam merawat bayi. Lakukan juga satu per satu keterlibatan. Tidak perlu langsung melakukan semuanya dalam satu waktu, dan menuntut kesempurnaan.

Lebih dari itu, ayah juga perlu terus belajar, mencari informasi soal parenting, berbicara mengenai ayah merawat bayi dengan teman-teman.

Serta jangan lupa untuk menjaga harmonisasi dengan pasangan. Lakukan ini untuk menunjukkan ayah peduli, dan bisa saling mengandalkan dalam urusan anak. Termasuk soal berbagi tugas dan tanggung jawab merawat anak, dan tugas rumah tangga lainnya.

Artikel SebelumnyaBaby Ameena Pakai Kaos Motif Macan Seharga Rp 1,4 Juta, Netizen Gigit Jari
Artikel BerikutnyaGila, Rayyanza di Tuding Kenakan Jersey KW