Ria Ricis Ajarkan Anak Berenang Sejak Usia Sebulan, Ini 6 Manfaatnya

Ria Ricis Ajarkan Anak Berenang Sejak Usia Sebulan, Ini 6 Manfaatnya
Baby Moana bersama Papa Ryan saat belajar berenang (Foto: YouTube/Ricis Official)

Balitacerdas.com- Ria Ricis kembali menjadi perhatian netizen gegara pola asuh yang dianggap membahayakan sang bayi. Ria Ricis sudah ajarkan baby Moana berenang sejak usia satu bulan.

“Jadi kami memang sudah melatih baby Moana berenang. Itu keinginanku sejak hamil, pengin langsung ajak anakku berenang setelah melahirkan,” kata Ria Ricis seperti dikutip dari tribunnews.com (12/9)

Kini, di umur tiga bulan, baby Moana sudah aktif bergerak.

“Alhamdulillah sejauh ini, setelah berenang (dampak) jadi makin aktif anaknya,” kata Ria Ricis seperti dikutip dari suara.com pada Selasa (1/11/2022).

Ria Ricis Tak Takut Anak Berenang

Ria Ricis Ajarkan Anak Berenang Sejak Usia Sebulan, Ini 6 Manfaatnya - moana5
Baby Moana seusai diperiksa dokter (Foto: Instagram/@riaricis1795)

Ria Ricis  tidak memiliki kekhawatiran tentang aktivitas renang anaknya. Sebab sang bayi memang ditempatkan di sekolah renang.

“Dari sekolah berenang juga punya kriteria khusus buat bayi berenang,” kata istri Teuku Ryan ini.

Selain itu, Ria Ricis juga sudah berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Ria Ricis Ungkap Baby Moana Susah Tidur Siang, 8 Hal Ini Bisa Jadi Solusinya

“Alhamdulillah dari dokter anak juga bilang Moana sehat, baik-baik aja,” ujar Ria Ricis.

Kondisi baik baby Moana bukan hanya terlihat dari aktifnya ia bergerak, tetapi juga dari segi pertumbuhan berat badan.

“Alhamdulillah sejauh ini sehat, di usia 3 bulan kata dokter ‘all good’, Alhamdulillah tidak ada kendala dan semakin gembil,” ujar adik Oki Setiana Dewi ini.

Baca Juga: Nikita Willy Terapkan “Baby Led Weaning” ke Baby Izz, Yuk, Cek Faktanya!

Selain berenang, Ria Ricis juga membeberkan perkembangan baby Moana lainnya. “Ya, sudah berenang, sit up, jalan kaki, terbang, banyak, suka-suka ibunya aja lah,” kata Ricis sambil bercanda.

Manfaat Berenang bagi Bayi

Ria Ricis Ajarkan Anak Berenang Sejak Usia Sebulan, Ini 6 Manfaatnya - moana6
Baby Moana belajar renang sama pelatih profesional (Foto: YouTube/ricis official)

Sejumlah orangtua kini mulai mengenalkan bayi dengan olahraga berenang sejak dini. Mereka mengenalkan si kecil dengan olahraga air ini bahkan sebelum buah hatinya mampu berjalan.

Kebanyakan bayi antusias saat berada di sekitar air. Mereka bisa menendang, meluncur, atau menghantam air. Berenang bagi bayi ternyata bukan sekadar kegiatan yang menyenangkan. Apabila dikerjakan dengan tepat, aktivitas fisik ini juga punya segudang manfaat untuk kesehatan.

Manfaat berenang untuk bayi Berenang bagi bayi tak sekadar aktivitas yang menyenangkan. Lebih dari itu, berenang juga ada manfaatnya untuk kesehatan bayi.

Melansir Healthline, berikut beberapa potensi manfaat berenang untuk bayi yang sayang dilewatkan:

Menunjang pertumbuhan otak bayi

Ria Ricis Ajarkan Anak Berenang Sejak Usia Sebulan, Ini 6 Manfaatnya - moana8
Baby Moana belajar renang sama pelatih profesional (Foto: YouTube/ricis official)

Gerakan berenang bisa membantu pertumbuhan otak bayi. Saat tubuh bayi bergerak dengan pola menyilang, neuron otak bayi ikut berkembang dan fungsi kognitifnya meningkat. Hal itu berguna sebagai bekal meningkatkan kemampuan membaca, literasi, daya ingat, sampai kemampuan akademis di masa mendatang.

Meningkatkan kepercayaan diri

Sebagian kelas berenang untuk bayi turut mengikutsertakan permainan, lagu, dan interaksi dengan pelatih atau anak lain. Selain menambah kesenangan, manfaat berenang untuk bayi ini bisa meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan sosial si kecil.

Membangun otot dan memperkuat organ vital

Tak hanya untuk orang dewasa, manfaat berenang untuk bayi juga bisa membangun otot. Dengan otot yang kuat, bayi punya kemampuan lebih baik dalam menggerakkan lengan, kaki, leher, serta inti tubuh. Selain otot, berenang juga bagus untuk kesehatan sendi, jantung, paru-paru, otak, dan pembuluh darah si kecil.

Melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh

Selain memperkuat otot tubuh, rutin latihan berenang bagi bayi juga dapat meningkatkan kemampuan koordinasi dan keseimbangan tubuh. Bayi belajar melatih koordinasi dan keseimbangan tubuhnya lewat gerakan tangan dan kakinya saat berenang.

Memperbaiki pola tidur

Berenang selama beberapa saat dapat menguras energi bayi. Selama berenang, bayi banyak bergerak untuk menjaga koordinasi tubuh sekaligus menghangatkan badannya. Tak pelak, banyak bayi yang langsung mengantuk setelah berenang. Dengan begitu, olahraga ini bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki pola tidur bayi.

Meningkatkan nafsu makan

Manfaat berenang untuk bayi juga bisa meningkatkan nafsu makan si kecil. Pasalnya, berenang cukup menguras energi. Selain untuk bergerak, bayi juga membakar banyak kalori untuk menghangatkan tubuhnya.

Bayi tetap perlu dikenalkan dengan berenang secara aman dan tak boleh asal-asalan kendati sejumlah bayi sudah punya refleks berenang.

Melansir Pregnancy Birth and Baby, walaupun sudah bisa melakukan gerakan renang sederhana, bayi belum bisa mengatur suhu tubuh. Selain itu, daya tahan tubuh bayi cenderung lemah sehingga bayi baru boleh dikenalkan dengan renang minimal setelah usianya dua bulan.