KUPANG, BALITACERDAS.COM – Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny Gerard Plate, hadir di Kota Kupang, NTT pada Rabu 23 Februari 2022 dan memberikan sumbangan Rp 1,5 M bagi Keuskupan Agung Kupang dan Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, sebagai bentuk dukungan nyata pengembangan kedua institusi itu.

Sumbangan dari kantong pribadinya ini diberikan Menkominfo Johnny G. Plate secara terpisah, masing-masing Rp 1 M kepada Keuskupan Agung Kupang untuk membantu pengembangan iman umat, dan Rp 500 juta kepada Unika Unwira Kupang untuk pengembangan literasi digital di lembaga itu.

Menkominfo yang juga merupakan putera NTT ini hadir langsung mengikuti Misa Penutupan Sinode Keuskupan Agung Kupang yang dirangkai satukan sebagai perayaan syukur atas Ulang Tahun ke-75 Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang, Pr.

Dalam sambutannya, Menteri Johnny Plate mengatakan bahwa pada era disrupsi seperti saat ini, sudah saatnya bagi gereja untuk mengakrabkan diri dengan teknologi digital dalam karya-karya pewartaan dan pelayanan.

Misa penutup dan syukur dilangsungkan di Gereja Sta. Maria Assumpta Kupang pada Rabu, 23 Februari 2022 pukul 10.00 – 11.30 Wita. Acara kemudian dilanjutkan dengan resepsi bersama. Hadir juga saat itu, Wakil Gubernur NTT, Drs. Josef Nai Soi dan Ketua DPRD NTT, Ir. Emilyana Nomleni.

Pada sore harinya, Menkominfo hadir untuk meresmikan Gedung Rektorat St. Arnoldus Janssen dan Aula Sta. Maria Imaculata Unika Widya Mandira Kupang.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Menkominfo dan penandatanganan prasasti oleh Menkominfo dan Uskup Agung Kupang.

Dalam sambutannya, Johnny Plate mengajak Civitas Akademika Unwira untuk mengadopsi dan mengadaptasi teknologi digital didalamnya. Karena teknologi digital telah menjadi bagian dari kehidupan manusia dan kebutuhan tenaga kerja bertalenta digital sangat dibutuhkan kedepannya.

Acara dilanjutkan dengan Ibadat pemberkatan kedua gedung ini yang dipimpin langsung oleh Uskup Agung Kupang, dan diikuti dengan sambutan-sambutan.

Turut hadir dalam acara peresmian dan pemberkatan kedua gedung itu, Wakil Gubernur NTT, Drs. Josef Naisoi; Stafsus Menkominfo Bidang Komunikasi, Politik Philip Gobang; Wakil Bupati kabupaten Kupang, Jerry Manafe; Rektor Unwira, P. Philipus Tule, SVD; Ketua Yanpenkar P. Yulius Yasinto, SVD; serta segenap civitas akademika Unwira Kupang. *