JAKARTA, BALITACERDAS.COM – Menjelang pelaksanaan program Analog Switch Off (ASO) tahap pertama, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan penyelenggara multipleksing (MUX) sebagai mitra telah menyiapkan Set Top Box (STB) gratis kepada masyarakat dengan kritera rumah tangga tidak mampu atau rumah tangga miskin.

Staf Khusus Menkominfo Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang menyatakan, total jumlah STB yang disiapkan untuk program ASO tahap pertama sebanyak 3.202.503 unit baik STB dari pemerintah melalui Kementerian Kominfo maupun dari penyelenggara MUX.

“Yang disediakan oleh lembaga penyiaran swasta, penyelenggaraan multiplexing sebanyak 3.115.193 unit dan sebagiannya disediakan oleh pemerintah sebanyak 87.310 unit,” tuturnya dalam kegiatan Seremonial dan Bimbingan Teknis Pendistribusian Bantuan STB untuk ASO tahap pertama di kota Tegal, secara virtual dari Jakarta, Senin (18/04/2022).

Menurut Stafsus Philip Gobang, Menkominfo Johnny G. Plate telah menunjuk PT. Pos Indonesia sebagai mitra penyedia jasa layanan pos yang bertugas sebagai pelaksana pendistribusian bantuan STB dari pemerintah untuk diserahkan kepada rumah tangga miskin yang telah terdaftar.

“Pemerintah tentu sangat mengapresiasi semua pemangku kepentingan dan berbagai pihak yang telah ikut membantu terselenggaranya bantuan Analog Switch Off tahap pertama ini, agar dapat berjalan dengan aman dan lancar,” jelasnya.

Stafsus Menkominfo Philip Gobang berharap, pendistribusian bantuan STB tahap pertama dapat dirasakan dan digunakan oleh rumah tangga miskin yang membutuhkan.

“Dan pada akhirnya, akses informasi dan edukasi dapat terus terjaga selama Analog Switch Off berlangsung,” tuturnya.

Kementerian Kominfo akan terus berupaya mendorong lembaga penyiaran multipleksing sebagai mitra untuk terus meningkatkan kualitas siaran digital. Selain itu, sosialisasi kepada para pemirsa atau masyarakat di seluruh tanah air untuk segera beralih ke siaran digital secara mandiri juga secara masif dilakukan.

“Karena itu, saya pada kesempatan yang sangat baik pada hari ini, mengimbau kepada masyarakat pada umumnya untuk sejak hari ini membeli atau mendapatkan Set Top Box yang sudah tersedia di pasaran di berbagai toko elektronik maupun toko online,” ujarnya.

Menurut Stafsus Philip Gobang, masyarakat di wilayah layanan siaran yang masuk dalam tahap pertama terlebih dahulu bersiap memasuki dunia baru Analog Switch Off atau siaran TV digital sejak hari ini.

“Karena dengan demikian, kita bersama-sama membantu pemerintah, seluruh pihak, bahkan seluruh pemangku kepentingan untuk menyukseskan Analog Switch Off sebagai salah satu program yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Stafsus Menkominfo Philip Gobang mengajak masyarakat di seluruh tanah air untuk bersama-sama memanfaatkan peluang digitalisasi televisi guna menghadirkan siaran yang bersih, dengan suara yang jernih, dengan mutu program-program yang semakin baik dengan berbagai siaran pilihan yang informatif, edukatif dan menjadi sarana bagi pembelajaran pengetahuan yang sehat.

“Dengan demikian, atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa dengan ini saya membuka kegiatan Seremonial dan Bimbingan Teknis Pendistribusian Bantuan Set Top Box untuk Analog Switch Off tahap pertama di kota Tegal,” imbuhnya.*