JAKARTA, BALITACERDAS.COMKementerian Komunikasi dan Informatika memberikan dukungan penuh untuk penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022. Selain perizinan penggunaan dan pemantauan spektrum frekuensi radio, Kementerian Kominfo menargetkan penguatan infrastruktur jaringan telekomunikasi di wilayah Nusa Tenggara Barat. 

“Untuk menudukung pengembangan Mandalika sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) akan dilakukan digitalisasi Nusa Tenggara Barat dengan penguatan infrastruktur jaringan telekomunikasi di seluruh wilayah Nusa Tenggara Barat,” jelas Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Ismail, dalam Jumpa Pers mengenai Dukungan Infrastruktur TIK dan Frekuensi dalam Penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 di Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat, Lombok, Sabtu (19/03/2022).

Dalam gelaran Mandalika Grand Prix of Indonesia MotoGP 2022 yang berlangusng tanggal 18 s.d. 20 Maret 2022, Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo menyatakan telah mengeluarkan persetujuan dan Izin Stasiun Radio (ISR) sebanyak kurang lebih 160 kanal frekuensi.

“Kanal itu digunakan untuk keperluan broadcasting, komunikasi pembalap, komunikasi penyelenggara, dan reporter,” tuturnya. 

Menurut Dirjen Ismail, Kementerian Kominfo telah mengeluarkan surat rekomendasi penggunaan perangkat sementara untuk perangkat-perangkat telekomunikasi yang menggunakan spektrum frekuensi radio yang dibawa dari luar Indonesia untuk keperluan event Grand Prix MotoGP 2022.

“Dengan topologi jaringan yang ada diharapkan dapat menyediakan kapasitas mobile broadband dengan range 10-50 MBps dan fixed broadband 20-100 MBps,” jelasnya.

Kementerian Kominfo juga telah melakukan pengukuran kualitas layanan jaringan telekomunikasi dalam rangka persiapan pra musim MotoGP Mandalika dan Presidensi G20 di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Mandalika. 

“Dalam pengukuran ini diperoleh hasil yang cukup baik dengan 3 (tiga) penyelenggara seluler dominan yaitu Telkomsel, Indosat Ooredo Hutchison dan XL Axiata berada pada kisaran minimal 10 MBps dan maksimum 50 MBps,” tutur Dirjen Ismail.

Dirjen SDPPI Kementeran Komindo mengajak kolaborasi semua pihak untuk menyukseskan penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022. “Mari kita terus perkuat kerja sama dan kolaborasi demi sukseskan penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022, dan tunjukkan Indonesia yang Terkoneksi: Makin Digital, Makin Maju!”

Dukung DPSP Mandalika

Sesuai surat dari Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat berkaitan dengan infrastruktur digital, Dirjen Ismaiil menyatakan telah melakukan pemantauan terhadap infrastruktur telekomunkasi di NTB. “Terdapat  85 desa sinyal lemah yang teridentifikasi dari data yang disampaikan Pemda NTB,” ungkapnya.

Kementerian Kominfo akan membangun infrastruktur telekomunikasi dan meningkatkan jangkauan serta kapasitas Base Transceiver Station (BTS). “Dari 85 desa, terdapat 35 desa 3T yang akan dibangun oleh BAKTI Kementerian Kominfo, 27 desa akan dibangun dengan peningkatan jangkauan dan kapasitas BTS eksisting Telkomsel, dan 23 Desa akan dibangun sebagai komitmen non3T Telkomsel,” jelasnya DIrjen SDPPI Kementerian Kominfo.

Dirjen Ismail menyatakan pembangunan dan peningkatan kapasitas itu dapat selesai awal kuartal ketiga tahun 2022. “Diharapkan pembangunan dan peningkatan kapasitas ini sudah dapat diselesaikan pada awal kuartal ketiga 2022,” tuturnya.*