Baby Izz Mandiri Sejak 4 Bulan, Pola Asuh Nikita Willy Jadi Sorotan

Baby Izz Mandiri Sejak 4 Bulan, Pola Asuh Nikita Willy Jadi Sorotan
Baby Izz dan Nikita Willy (Foto: Instagram/@nikitawillyofficial94)

Balitacerdas.com- Nikita Willy tengah menikmati perannya sebagai seorang ibu. Sejak melahirkan putra pertamanya pada April yang lalu, Nikita Willy sudah memutuskan untuk mengasuh bayinya sendiri tanpa bantuan baby sitter.

Kini, putranya Baby Izz sudah menginjak usia 6 bulan, pola asuh anak Nikita Willy pun jadi sorotan.

Pola asuh Nikita Willy dipandang tak biasa oleh netizen. Pasalnya, Baby Izz sudah dilatih mandiri sedini mungkin.

Bagaimana pola asuh Nikita Willy? Yuk… Kita simak berikut ini.

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa cara pola asuh Nikita Willy

Baca Juga: Dante Oliver Alinskie Rayakan Ulang Tahun ke-2 di Panti Asuhan

1. Baby Izz Dibiasakan Tidur Sendiri

Baby Izz Mandiri Sejak 4 Bulan, Pola Asuh Nikita Willy Jadi Sorotan - izz4
Baby Izz (Foto: Instagram/@nikitawillyofficial94)

Sejak Baby Izz berusia 4 bulan, Nikita Willy sudah ajarkan sang buah hati untuk tidur sendiri. Nikita Willy menjelaskan bahwa mengajarkan Issa untuk tidur sendiri merupakan tujuan ia dan Indra Priawan kalau sudah punya anak.

“Kenapa Issa kita latih untuk tidur sendiri, karwna itu udah tujuan aku dan Indra kalau punya anak, mereka harus punya kamar sendiri dan tidur sendiri. Jadi kita ajarin dari kecil gitu, takutnya nanti kalau kita ajarin saat todler, akan susah banget ngelepasnya gitu.” Jelas Nikita Willy seperti dikutip dari liputan6.com.

Sang buah hati sempat tak ingin tidur sendiri, namun ketelatenan dan kesabaran Nikita Willy akhirnya membuat Baby Izz bisa tidur sendiri di usianya yang masih 4 bulan.

Baca Juga: Rayyanza Sering Digendong, Ternyata Ini Manfaatnya Menggendong Bayi

“Kita sleep trained dia pada saat umur empat bulan. Awalnya dia enggak bisa tidur sendiri tanpa aku,” kata Nikita.

“Tapi sekarang Alhamdulillah sudah bisa, jadi dia sudah bisa independent sleep-nya, dan dia bisa tidur lebih lama juga,” imbuhnya.

Nikita Willy juga menambahkan bahwa keputusannya membiarkan anaknya tidur sendiri agar tidur sang buah hati tidak terganggu. Ketika tidur sendiri, Baby Izz lebih bisa tidur sendiri tanpa gangguan.

“Kalau misalkan dia tidur bareng sama kita, setiap dia mengeluarkan suara sedikit, aku reflek kayak nyamperin dia, dan itu ganggu tidurnya dia banget,” jelas Nikita.

“Karena baby itu kan masih active sleep, masih suka berisik-berisik pada saat tidur, padahal dia lagi tidur,” sambungnya.

2. Membangunkan Bayi dari Tidurnya

Baby Izz Mandiri Sejak 4 Bulan, Pola Asuh Nikita Willy Jadi Sorotan - izz2
Baby Izz sedang dibacakan cerita oleh Papa Indra (Foto: Instagram/@nikitawillyofficial94)

Dalam video yang diunggahnya pada September 2022 lalu, Nikita Willy juga perlihatkan momen saat di mana ia dan Indra Priawan bangunkan Baby Izz dari tidurnya hingga menyambut anaknya itu dengan kata-kata manis.

Setelah Baby Issa bangun, Nikita Willy dan Indra Priawan langsung sigap untuk membantu buah hatinya itu berganti baju.

3. Membiasakan Baby Izz Makan Sendiri

Baby Izz Mandiri Sejak 4 Bulan, Pola Asuh Nikita Willy Jadi Sorotan - izz3
Baby Izz (Foto: Instagram/@nikitawillyofficial94)

Pertama kali makan makanan MPASI, Baby Izz langsung dibiarkan makan sendiri, namun tentunya dengan pendampingan Nikita Willy dan Indra Priawan. Mulai dari kentang, brokoli sampai paha ayam, menu MPASI Baby Izz ini sempat tuai beragam komentar.

Dalam Story Instagramnya, Nikita Willy pernah menjelaskan jika ia menerapkan metode BLW (Baby Led Weaning). Sang buah hati mulai makan di usia 6 bulan kurang seminggu, Nikita sudah berkonsultasi dengan dokter anak.

“6 bulan kurang seminggu Izz starts makan pastinya dengan izin dokter anak.” Jelas Nikita Willy.

“Karena kita selalu travel jadi kita putuskan menggunakan metode BLW (Baby Led Weaning) agar Izz bisa enjoy makan sama kita di meja makan dan kita gak harus rapot bikin bubur apalagi saat bepergian.” Tambahnya.

Ikut workshop hingga baca buku, Nikita Willy belajar menerapkan metode BLW tersebut kepada Baby Izz yang sudah mulai MPASI.

“Aku ikut workshop untuk BLW, virtual course dan baca buku baby led weaning supaya yakin untuk menerapkan metode tersebut. Kita baru pemula jadi sampai sekarang juga masih belajar.”

4. Mengajarkan Toilet Training

Nikita Willy juga sudah mengajarkan toilet training kepada anak, dimulai dengan membiasakan Baby Izz sikat gigi sebelum tidur. Belum lama ini, di unggahan Story Instagramnya, Nikita Willy perlihatkan momen saat ia menyikat gigi Baby Izz dengan sikat gigi khusus.

Ajarkan anak sikat gigi, parenting ala Nikita Willy ini banjir pujian dari warganet. Dalam video yang beredar, Baby Izz terlihat anteng dan menurut dengan arahan sang bunda.

5. Tanpa Baby Sitter

Sejak melahirkan anak pertamanya pada April 2022 lalu, Nikita Willy memutuskan untuk merawat sang buah berdua dengan sang suami tanpa bantuan baby sitter. Fokus urus buah hati, artis dengan nama lengkap Nikita Purnama Willy ini memilih untuk libur sementara dari aktivitas syuting.

6. Tidak Pakaikan Baby Izz Sarung Tangan

Dalam Story Instagramnya, Nikita Willy pernah paparkan secara singkat soal cara pola asuh yang diterapkannya kepada Baby Izz. Artis kelahiran 1994 ini menjelaskan jika sejak kecil ia tidak pernah memakaikan Baby Izz sarung tangan.

“Dari lahir aku tidak pakaikan Izz sarung tangan, karena menurut buku montessoriyang aku baca supaya bayi bisa meraba hal hal baru melalui tangannya (sensory sejak lahir).” Tulis Nikita Willy

“Usia 3 bulan Izz juga mulai memasukkan tangan ke mulut, juga tidak pernah aku larang.” Tambahnya

“Usia 4 bulan kita ajarkan untuk ambil mainan dihadapan mukanya. Jadi 4-5 bulan dia sudah suka masukin barang2 yang kita berikan di depan mukanya lalu memasukkan ke mulutnya, tidak pernah dilarang asalkan aman supaya dia tau oh barang ini keras, lembut, dll.” Paparnya lagi.

7. Mengajari Anak untuk Bersabar

Nikita dan Indra sejak dini sudah mengajari Izz untuk bersabar. Misalnya saat anak mereka menangis, Nikita dan Indra tidak langsung mendekati putra mereka untuk menggendong atau menenangkan supaya tidak menangis.  Hal itu dilakukan supaya anak mereka bisa memecahkan solusinya sendiri.

Sejak bayi baby Izz sudah mandiri, mudah-mudahan ke depannya bisa tumbuh seperti yang diharapkan kedua orangtuanya.

Artikel SebelumnyaDante Oliver Alinskie Rayakan Ulang Tahun ke-2 di Panti Asuhan
Artikel BerikutnyaKembar Perempuan, Ini Arti Nama Putri Anisa Rahma dan Anandito Dwis